[ad_1]

Medan, CNN Indonesia —

Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap dan Vikaris Jenderal (Vikjen) Pastor Mikael Manurung dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). Tak hanya itu, sejumlah pastor dan suster juga turut dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

“Benar, Uskup Agung Medan dan beberapa pastor serta suster positif corona. Mereka ada yang telah diisolasi di rumah sakit dan ada yang isolasi mandiri,” kata Juru Bicara Keuskupan Agung Medan (KAM), Pastor Benyamin OFM Cap, Minggu (18/7/2020).

Benyamin mengatakan Mgr Kornelius Sipayung dirujuk ke RS Martha Friska Medan pada 14 Juli 2020 setelah dinyatakan positif Covid. Kondisi kesehatan Mgr Kornelius Sipayung tercatat stabil.


“Beliau bisa mandi sendiri, makan dengan baik. Kemudian Pastor Mikael Manurung juga positif corona dan diisolasi di RS Martha Friska Medan pada 7 Juli 2020 kondisinya juga stabil,” jelasnya.

Benyamin menambahkan untuk Pastor Borta Rumapea, Pastor Jodi Turnip, dan Romo Aldus juga dinyatakan positif corona berdasarkan hasil pemeriksaan PCR. Ketiganya telah diisolasi di Rumah Sakit Elisabeth Medan.

“Untuk Pastor Borta masuk rumah sakit pada 13 Juli dengan kondisi batuk dan meriang. Kemudian Pastor Jodi Turnip masuk pada 16 Juli dengan kondisi demam dan lemas. Lalu Romo Aldus masuk pada 13 Juli 2020 kondisinya demam dan lemas,” paparnya.

Selain itu, ada dua pastor lain yang menunjukkan gejala Covid-19, saat ini diisolasi di tempat masing-masing, yakni Pastor Petrus Simarmata dan Fernandus Saragih.

“Suster Mangela juga sedang isolasi mandiri karena menunjukkan gejala covid -19. Kemudian dua orang awam di KAM masing-masing Melina Marbun dan Nona Kristina masih menunggu hasil,” urainya.

Benyamin meminta bagi mereka yang pernah melakukan kontak langsung dengan para pastor dan suster yang positif Covid-19 agar segera mengambil sikap untuk memeriksakan diri ke rumah sakit.

“Virus ini begitu kencang. Bagi mereka yang bertemu sejak 1 Juli harap mengambil sikap sendiri entah itu berkonsultasi dengan dokter setempat. Ini harus kita cermati bersama bukan menakuti dan membuat cemas. Karena bisa jadi mereka menjadi carrier Covid pada waktu anda bertemu,” tegasnya.

Berdasarkan data per Minggu (19/7), jumlah pasien Covid-19 di Sumut tercatat sudah mencapai 2937 orang yang diisolasi. Kemudian pasien covid-19 positif yang meninggal sebanyak 147 orang dan pasien covid positif yang sembuh mencapai 719 orang.

(fnr/osc)

[Gambas:Video CNN]



[ad_2]
Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here