[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Bagi masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur, lebah atau tawon jenis tawon kepala atau biasa disebut dengan ‘tawon ndas’ bukanlah sebuah ancaman yang membahayakan.

Hewan yang dianggap mematikan tersebut justru dicari oleh warga untuk dijadikan masakan yang nikmat. Kuliner ekstrem “sangar tawon” yang Indonesia punya tersebut juga dipercaya bisa menambah stamina. Seperti apa cara pengolahannya?… Berikut video liputannya pada Fokus.

Kehadiran lebah atau tawon kepala, atau orang biasa sebut dengan ‘tawon ndas’ banyak ditakuti oleh masyarakat luas. Sengatannya yang terkenal mematikan juga sudah banyak memakan korban jiwa.

Nah, jika di daerah lain hewan ini ditakuti, di Banyuwangi, Jawa Timur, sarang tawon kepala malah banyak dicari oleh warga untuk diolah menjadi masakan yang lezat. Berburu tawon ndas memang tak sembarang orang bisa melakukannya.

Di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh ini, ada beberapa orang yang sudah berpengalaman memanen tawon. Jika medannya sulit, pemburu tawon harus menggunakan asap untuk mengusir tawon-tawon yang ada di dalam sarang. Namun, jika medannya mudah, pemburu tawon cukup menutup sarang tawon kepala ini dengan karung, agar sarang bisa dipanen untuk kemudian diolah menjadi masakan.

Nah, untuk mengolah tawon kepala menjadi masakan “sangar tawon” yang nikmat juga tak sulit. Beberapa bumbu, seperti cabai, tomat, bawang merah, dan daunnya disiapkan bersama penyedap masakan lainnya seperti garam, dan gula, kemudian dihaluskan. Selanjutnya, bumbu yang sudah halus dimasak bersama santan yang sudah mendidih, masukkan daun bawang.

Larva tawon kepala, dan indukan tawon kemudian direbus selama 5 menit untuk memisahkan kotorannya. Tawon setengah matang tersebut lalu dimasukkan ke dalam bumbu, dan campuran santan yang telah dipanaskan.

Setelah 20 menit, masakan sangar tawon kepala ini pun siap dihidangkan. Sedapnya kuah santan, dan kenyalnya larva ‘tawon ndas’ ini dijamin bisa ketagihan. Selain dibumbu santan, tawon kepala juga bisa dimasak dengan cukup dengan digoreng saja.

Bagi warga Banyuwangi, masakan ‘tawon ndas’ tak hanya disajikan sebagai hidangan untuk mengganjal perut saja. Lebih dari itu, warga mempercayai bahwa ‘tawon ndas’ yang sudah dimasak ini konon memiliki khasiat yang bisa menambah stamina, dan tenaga.

[ad_2]

Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here