[ad_1]

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan ada 44 persen wilayah di Indonesia berstatus risiko rendah dan aman dari virus Corona Covid-19.

Hal ini disampaikan Doni saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu, 10 Juni 2020.

“Hasil yang kita lihat sekarang ada 44 persen wilayah kabupaten/kota secara nasional dari 514 kabupaten/kota yang statusnya adalah risiko rendah dan aman, Pak Presiden, yaitu warna kuning dan warna hijau,” kata Doni.

Doni kemudian menyampaikan bahwa daerah berisiko rendah Covid-19 ini mulai membuka sembilan sektor di bidang ekonomi. Dia memastikan, tahapan ini sudah melalui kajian mendalam dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

“Kita lakukan mulai dari daerah yang tidak ada kasus. Kemudian 9 sektor di bidang ekonomi yang risikonya sangat rendah, kemudian daerah yang risikonya juga rendah warna kuning,” jelasnya.

Kebijakan membuka 9 sektor ekonomi saat pandemi Covid-19 diklaim berdampak positif pada perekonomian nasional. Doni menyebut, setelah kebijakan tersebut disampaikan kepada publik, nilai mata uang rupiah langsung menguat.

“Dan juga menurut Gubernur Bank Indonesia, cadangan devisa kita tetap berada di atas Rp 130 miliar. Salah satu kajian dari politikum salah satu lembaga menempatkan Indonesia berada pada posisi yang relatif cukup bagus, Bapak Presiden,” sambung Doni.

Meski demikian, Doni melaporkan masih ada sejumlah daerah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Dia berjanji akan terus memonitoring dan mempercepat proses penanganan sehingga Indonesia bebas dari ancaman Covid-19.

“Kami sesuai perintah Bapak Presiden, daerah-daerah yang relatif berisiko tinggi tetap kami kawal,” pungkasnya.

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here