[ad_1]

Jakarta

Bus jadi transportasi massal yang biasa melaju di jalanan aspal. Kali ini berbeda, Torsus Praetorian jadi bus pertama yang bisa menjelajah di jalur off-road.

Mengutip Autoevolution, Jumat (12/6/2020) Torsus Praetorian memiliki kaki-kaki yang jenjang layaknya mobil-mobil off-road.

Bus Praetorian punya 22 konfigurasi berbeda bisa menjadi mobil pemadam kebakaran, truk utilitas, bus pertambangan, ambulans, kendaraan militer dan bus camping.

Torsus PraetorianTorsus Praetorian Foto: Torsus Praetorian

Secara dimensi bus ini memiliki wheelbase 4200 mm dengan ground clearance 389 mm yang memungkinkan mereka melewati air setinggi 27,5 inci (700mm) dan melewati kerikil, batu, dan lumpur.

Untuk menjelajah jarak jauh dan medan yang berat, tangki bahan bakar bus ini memiliki kapasitas 300 liter, dan memiliki sistem rem elektronik.

Torsus PraetorianTorsus Praetorian Foto: Torsus Praetorian

Sanggup membawa banyak penumpang, tetapi kelebihan bus ini sanggup melahan berbagai medan seperti jalur bersalju, terjal, hingga menanjak. Guna mendukung di medan off road, sektor kaki-kakinya dipasang dengan axle roda model parabolic leaf spring dan sistem penggerak roda 4×4.

Bus ini mampu membawa maksimal 35 penumpang. Di sisi hiburan, penumpang bisa menikmati DVD, dan melihat dari display yang terpasang di kabin depan. Sementara sopir dimanjakan dengan jok pneumatik dan setir ringan yang sudah power steering.

Fitur standar lainnya termasuk AC sentral, pintu dan tangga otomatis, dan sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang.

Dari sektor dapur pacunya, perusahaan bus yang bermarkas di Republik Ceko ini mencangkok mesin diesel kode MAN D0836 LFL40 6.900cc 6 silinder yang bisa memuntahkan tenaga 240 dk dengan torsi 925 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gear box semi otomatis MAN/ZF tip-matic.

Awal tahun ini, bus off-road ini dianugerahi Red Dot Design Award yang bergengsi dalam kategori desain. Pada bagian muka terlihat kesan gagah dengan perlindungan bull bar layaknya mobil off-road.

Tidak disebutkan berapa harga pastinya, tetapi laporan di media lokal setempat mengabarkan bahwa bus Praetorian ini dijual lebih dari $ 154.000 (bila dikonversi Rp 2,1 miliar) untuk model dasar.

Simak Video “Nihil Orderan, Pengusaha Bus Pariwisata Ancam Gelar Konvoi
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)



[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here