[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Seperti halnya tubuh manusia, sepeda motor pun juga membutuhkan perawatan. Hal itu agar performanya selalu terjaga.

Namun dalam melakukan perawatan, tidak sedikit yang melakukan kesalahan penanganan atau perawatan sepeda motor, baik matik maupun kopling.

Menurut Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, ada tiga hal yang sering dilupakan pemilik motor dalam melakukan perawatan kuda besinya.

Pertama, tidak teratur mengganti oli mesin, girboks (gardan), suspensi dan rem. Selain itu kualitas pelumas harus tetap terjaga agar komponen mesin tidak cepat aus dan tidak kotor karena siklus pergantian yang rutin, termasuk girboks.

Oli suspensi depan dan oli rem walau tidak habis juga harus diganti secara berkala karena umur pemakaian agar kinerja kembali normal dan kenyamanan kembali terasa.

Kedua, tidak teratur mengganti filter udara dan busi kendaraan. Hal ini penting karena filter udara bertugas agar udara yang masuk ke saluran pembakaran bersih, sehingga pembakaran optimal dan dinding silinder tidak baret.

“Selain itu harus mampu menyediakan sejumlah aliran udara yang dibutuhkan, jika kotor maka potensi udara kurang dan kotoran akan terjadi,” jelasnya.

Sementara busi merupakan komponen utama untuk melahirkan tenaga yang optimal. Bisa dipastikan kinerja mesin menurun jika komponen itu tidak diganti.

 

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here