[ad_1]

Kaskus DeYudi69 –Kalu disuruh memilih antara menggunakan sepeda motor berjenis matic, sepeda motor bebek, dan sepeda motor laki, yang memiliki mesin ber-cc besar, kira-kira Gan-Sist bakalan milih yang mana?

Sepeda Motor Jadul Bermesin 6 Silinder 1000cc yang Cocok Buat Boncengin Gebetan
sumber

Motor Matic, kita tinggal main gas sama main rem doang, motor bebek tinggal main gas, rem, sama transmisi manual yang ber-coupling otomatis, trus motor laki yang masih pake transmisi manual juga coupling tangan.

Semua terserah pada selera kita masing-masing aja sih, tapi kalau ane disuruh memilih, pasti ane pilih sepeda motor yang memakai coupling manual, terutama bila dihadapkan pada sepeda motor yang ber-cc besar di atas 125 cc.

Kenapa demikian? Alasannya karena berkendara akan terasa jadi lebih aman Gan-Sist.

Pertama, sepeda motor dengan menggunakan coupling tangan akan memaksa si pengendara untuk selalu memegang stang motor dengan dua tangan, karena nggak jarang kecelakaan terjadi akibat dari si pengendara yang mengendarai sepeda motor hanya dengan satu tangan dan tangan yang lainnya memainkan ponsel .

Kedua, mempermudah perpindahan transmisi secara cepat saat dalam kecepatan tinggi, terutama dari gigi 5 ke gigi 4 dst. Sehingga saat mengerem sepeda motor jadi lebih renponsive, ditambah dengan coupling tangan, kita bisa memanfaatkan engine brake sistem secara lebih optimal.

Walaupun terkesan lebih ribet dalam pemakaiannya, tapi menurut ane pribadi sepeda motor bermesin besar akan lebih aman untuk dikendarai apabila menggunakan transmisi dan coupling manual.

Ngebahas masalah mesin sepeda motor dengan cc besar, saat ini di pasaran masih di dominasi oleh pabrikan Kawasaki dengan Kawasaki Ninja-nya. Tapi tahukah Gan-Sis, bahwa dulu di era tahun 70-an, sudah diproduksi sepeda motor yang berkapasitas mesin di atas 1000 cc dengan menggunakan 6 silinder? Seperti apakah wujudnya? Cekidot!

1. HONDA CBX 1000

Sepeda Motor Jadul Bermesin 6 Silinder 1000cc yang Cocok Buat Boncengin Gebetan
sumber

Kalau dilihat desain bodinya nggak ada mirip-miripnya sama sekali drngan moge yang menggunakan mesin berkubikasi besar seperti Harley Davidson, tapi sepeda motor ini saat itu di tahun 1978 memang dibuat untuk bersaing dalam persaingan otomotif di Negeri Sakura, yang mana Honda ingin membuktikan bahwa bisa memproduksi superbike dengan mesin sangar dan canggih di kelasnya pada saat itu.

Honda CBX mengaplikasikan transmisi manual 5 percepatan dengan 6 silinder DOHC yang disusun segaris, 6 karburator, dan 24 klep, duh udah bisa kebayang dah tu betapa rumit dan borosnya tu mesin motor wkwkwk.

Bobotnya keseluruhannya seberat 272 kg dan top speed yang dapat dicapai yaitu 216-225 KM/jam. Motor ini dibuat tanpa menggunakan pendingin cairan (radiator) hanya memanfaatkan udara, udah pasti panas dari mesinnya bakalan mengganggu banget buat si pengendara, selain itu biaya produksi dan perawatannya yang juga mahal membuat sepeda motor ini dihentikan produksinya pada tahun 1982.

2. Kawasaki Z1300

Sepeda Motor Jadul Bermesin 6 Silinder 1000cc yang Cocok Buat Boncengin Gebetan
sumber

Setelah Honda CBX 1000 dirilis ke pasaran, pada tahun 1979 pabrikan Kawasaki membuat saingan dengan memproduksi motor yang juga bermesin 6 silinder dan cc yang lebih besar yaitu 1300 CC.

Kalau dilihat sepintas, Kawasaki Z1300 terlihat lebih kompleks dan lebih modern dengan tambahan berupa pendingin cairan dan juga desain lampu depan serta tangki bahan bakar yang berbentuk kotak.

Perbedaan yang juga cukup mencolok yaitu terlihat pada bagian penghubung antara putaran mesin dengan rodanya yang menggunakan gadan.

Berbeda dengan CBX 1000, Kawasaki Z1300 di desain untuk keperluan touring yang sudah tentu lebih tahan banting dipergunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Bobot sepeda motor ini mencapai 314 kg, dan mampu mencetak top speed hingga 222km/jam. Pada tahun 1984, Kawasaki meluncurkan versi injeksi dari sepeda motor ini, dengan nama Kawasaki ZG1300 atau Kawasaki Voyager.

3. Benelli Sei 750

Sepeda Motor Jadul Bermesin 6 Silinder 1000cc yang Cocok Buat Boncengin Gebetan
sumber

Jauh sebelum Honda dan Kawasaki menciptakan sepeda motor 6 silinder, Pada tahun 1974 Benelli sebagai pabrikan motor asal Italia sudah terlebih dahulu memproduki sepeda motor bermesin 6 silinder secara masal dengan nama Benelli Sei 750.

Seperti namanya, motor ini menggunakan mesin 6 silinder dengan 3 karburator yang dikalim mampu mencapai top speed hingga 202 Km/jam.

Mengingat ketidak efisienan dari teknologi 6 silinder pada sepeda motor yang performanya tidak jauh berbeda dengan sepeda motor 4 silinder, produksinya pun sudah tidak dilakukan lagi. Terlebih saat ini semua produsen otomotif tengah mengembangan berbagai kendaraan yang ramah lingkungan juga hemat bahan bakar, seperti kendaraan yang menggunakan energi listrik hingga energi udara seperti thread ane sebelumnya yang berjudul 4 Kendaraan Berbahan Bakar Udara, Mampir Dimari Gan-Sist!

Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya, jangan lupa beri cendol, rate, komen dan juga bagikan ke akun media sosial kalian. Thank You.

Baca Juga :

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : Opini Pribadi dan 1 , 2 , 3



[ad_2]
Berita dan review otomotif terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

1 COMMENT

  1. Die Wirtschaft Großbritanniens erholt sich etwas schneller, als die Bank of England vor einem
    Monat dachte, da die Regierung ihren COVID-19-Sperrmechanismus lockert, aber die Nachrichten vom Arbeitsmarkt sind überwiegend negativ, sagte der Gouverneur der
    Bank of England, Andrew Bailey.
    17:00 GMT – Die neue Abriegelung in Peking erklärt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here