[ad_1]

Nama seorang Chris John semakin terkenal setelah menjadi juara kelas bulu WBA. Kesempatan emas bagi Chris John dan bangsa Indonesia tiba saat Chris John berkesempatan menantang Oscar Leon dari Kolombia pada 26 September 2003 di Bali. Chris John menang angka tipis (split decision) dalam pertandingan 12 ronde tersebut, dan dinyatakan berhak menyandang gelar juara dunia WBA sementara (interim title).

“Kesempatan akhirnya datang di 2003 memperebutkan gelar lowong WBA. Saat itu ada konfrensi di Bali, WBA beri kesempatan orang Indonesia yang sudah ada di dalam ranking. Puji Tuhan, saya bisa mendapat kemenangan dan dream come true,” ucap pria yang kini berusia 40 tahun tersebut.

Tak lama, WBA “menghibahkan” gelar juara definitif (bukan lagi gelar interim) kepada Chris John, saat sang juara bertahan Derrick Gainer dari Amerika Serikat kalah angka dari Juan Manuel Marquez (Meksiko, juara IBF). Saat itu, sesuai peraturan badan tinju WBA, Marquez dinyatakan sebagai juara super (super champion) WBA karena berhasil menyatukan dua gelar WBA dan IBF, dan Chris John sebagai juara reguler.

Karena menjadi juara dunia, Chris John pun memutuskan untuk meningalkan wushu. “Setelah di 2003, saya menjadi juara dunia, saya harus fokus di tinju, saya harus totalitas,” katanya menegaskan.

 

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here