[ad_1]

Liputan6.com, Kuala Lumpur – Salah seorang pejabat tinggi Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) bebas dari tuntutan korupsi. Ia adalah Musa Aman yang merupakan sekutu Najib Razak.

Musa Aman adalah toko senior partai UMNO yang pernah menjabat sebagai pimpinan wilayah Sabah. Vonas bebas diberikan setelah jaksa mencabut seluruh 46 tuntuta kepada Musa Aman.

Musa awalnya dituduh menerima suap karena memberikan izin konseksi kayu dan pencucian uang. Pengacara Musa, Amer Hamzah Arshad, berkata tuduhan itu sebagai persekusi politik.

Jaksa tidak menyebutkan alasan mencabut dakwaan terhadap kasus pencucian uang dan penyuapan senilai 403 juta ringgit (sekitar Rp 1,3 miliar).

Koalisi dari pihak oposisi, Pakatan Harapan, menyebut keputusan itu “membingungkan dan mengecewakan.”

“Dewan kejaksaan agung harus segera memberikan penjelasan lengkap atas keputusan tersebut karena itu akan mencerminkan wajah sebenarnya pemerintah saat ini,” kata Pakatan Harapan dalam pernyataan tertulis, seperti dilansir Antara, Kamis (11/6/2020).

PH juga khawatir pengaruh politik dapat mempengaruhi putusan akhir kasus korupsi 1MDB yang dihadapi mantan PM Najib Razak.

UMNO baru saja kembali ke lingkaran kekuasaan berkat berkoalisi dengan Muhyiddin Yassin dari Partai Bersatu. 

Najib Razak, Musa, dan tersangka lainnya menyebut kasus korupsi itu dilatarbelakangi motif politik.

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here