[ad_1]

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama pihak-pihak terkait termasuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 masih menyusun protokol olahraga di era new normal. Setelah selesai disusun, protokol ini nantinya bisa diikuti oleh atlet, pelatih, ofisial, serta masyarakat secara luas. 

“Pandemi ini sangat berdampak, seperti dampak pariwisata. Karena berbagai event berbasis sport tourism tidak bisa berjalan. Dampak ekonomi kerakyatan, dampak sosial dan kesehatan, serta dampak bagi olahraga,” kata Menpora saat menjadi narasumber pada acara bertemakan ‘Nasib Event Olahraga di Era The New Normal’. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini disampaikan langsung Menpora di Situation Room, Kemenpora, Jumat (12/6). 

Menpora mencontohkan, kompetisi sepak bola yang terhenti untuk sementara waktu tak hanya berdampak pada klub, atlet, maupun official saja. Tapi, ini berdampak juga dengan pedagang yang berjualan di seputaran stadion, petugas parkir, hingga berbagai elemen lainnya. 

Tak hanya itu, sejumlah kompetisi profesional lainnya seperti basket maupun voli juga demikian.

“Terpaksa kompetisi olahraga profesional untuk sementara waktu dihentikan. Belum lagi kejuaraan-kejuaraan amatir lainnya, itu juga terdampak. Kemudian, juga ada olahraga masyarakat,” terang Menpora. 

Lebih lanjut, Menteri asal Gorontalo ini menjelaskan, para atlet nasional kini berlatih secara mandiri ditengah pandemi. Mereka melakukannya untuk menjaga kebugaran. Meski diakui ini tidak berjalan dengan baik untuk tujuan prestasi. Apalagi, nantinya sejumlah kejuaraan akan dihadapi. Sejauh ini, rumusan protokol dibidang keolahragaan terus dikoordinasikan dengan kementerian terkait dan juga Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

“Kemenpora terus mempersiapkan protokol untuk bidang keolahragaan serta kepemudaan. Kita siapkan itu dan koordinasi dengan kementerian terkait dan Tim Gugus Tugas,” ujar Menpora.

 

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here