[ad_1]

Jakarta, Selular.ID – Dalam waktu dekat, Oppo mengonfirmasi akan merilis Reno4 di Indonesia. Ponsel pintar itu akan melengkapi jajaran seri Reno yang sudah ada di Tanah Air. Diharapkan, Reno4 membawa fitur dan spesifikasi yang lebih baik dengan dukungan teknologi masa kini.

Jika dilihat, seri Reno di Indonesia menjadi salah satu andalan Oppo. Smartphone premium High-end Oppo menawarkan sejumlah fitur unggul dan inovasi baru, terutama pada kameranya. Terlebih, desain yang dibawa Reno tak kalah futuristik, hasil kolaborasi dengan seniman, bahkan Oppo tak ragu menggandeng brand populer sekalipun.

Lantas bagaimana sejarah dari seri Reno di Indonesia? Simak ulasan perkembangan teknologi yang dibawa seri Reno dalam setiap perangkatnya berikut ini

1. Oppo R17 Pro

Oppo R17 Pro

Kehadiran Reno series dimulai sejak kemunculan perangkat Oppo R17 Pro. Smartphone ini hadir dengan penegasan jargon perangkat dari “Selfie Expert” menjadi “Camera Phone”. Perubahan ini membuat Oppo memfokuskan perangkat pada pada kemampuan fotografi baik pada kamera depan maupun kamera belakang.

Dengan hadirnya R17 Pro, menjadi pembuka jalan bagi segmen premium high-end, Reno Series. R17 Pro datang dengan kemampuan Foto di malam hari berbekal teknologi AI Ultra-clear Engine, resolusi 25 Megapixel serta sensor Sony IMX576 (F/2.0). Tersedia juga OIS yang membuat pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

2. Teknologi 10x Lossless Zoom

Teknologi Seri Reno

Kemampuan kamera 10x Lossless Zoom termasuk salah satu teknologi canggih yang dibenamkan Oppo dalam Reno Series. MWC 2017 menjadi perkenalan pertama Oppo dengan teknologi zoom. Saat itu Oppo memamerkan prototype konsep “5x Dual Camera Zoom” yang terinspirasi oleh periskop pada kapal selam.

Melalui teknologi ini, Oppo menanamkan kamera ganda lensa sudut lebar dan lensa telefoto pada ruang perangkat yang tipis. Brand teknologi itu menggunakan struktur gaya periskop untuk mengemat ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

Kemudian, inovasi mendorong Oppo mengenalkan teknologi 10x Lossless Zoom di pada OPPO 2019 Innovation Event yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

10x Lossless zoom adalah teknologi baru yang dibuat dengan spesifikasi kamera terkemuka di industri termasuk struktur kamera tiga lensa yang terdiri dari lensa telefoto, lensa sudut ultra lebar, dan kamera utama. Untuk memberikan nilai lebih lanjut kepada pengguna, OPPO juga memperkenalkan Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera utama dan lensa telefoto untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi dan anti-guncangan.

Baca juga: Oppo Reno4 Siap Meluncur di Indonesia

3. Oppo Reno dan Reno 10x Zoom

Oppo Reno 10x Zoom

 

Oppo memperkenalkan Reno dan Reno 10x Zoom sebagai Reno series pertama di Indonesia. Smartphone yang dirilis pada 19 Juni 2020 itu memberikan pengguna kebebasan pengguna dalam hal fotografi.

Struktur kamera depan keduanya mengadopsi desain sirip Hiu dengan lensa 16 Megapiksel, menjadikan layar smartphone tampak bersih tanpa gangguan notch (poni). Selain itu, kemampuan fotografi terbaik tersaji berkat 3 kamera utama di Reno 10x Zoom, meliputi Kamera 48 MP UltraHD, kamera sudut lebar 8 MP dan kamera telephoto 13 MP dan 2 kamera di Oppo Reno, 48MP serta 5MP depth sensor.

Adapun Reno 10x Zoom dikenal sebagai perangkat smartphone pertama yang mengusung prosesor Snapdragon 855 di Indonesia, prosesor terbaik Qualcomm pada zamannya. Sementara, Reno hadir dengan mengandalkan chipset snapdragon 710, yang juga dikenal sebagai salah satu chipset premium.

Di Reno generasi pertama, Oppo sudah menyertakan teknologi pengisian cepat VOOC 3.0. Untuk kapasitas baterai, Reno 10x Zoom membawa sebesar 4065mAh, lebih besar dari Reno yang sebesar 3765mAh.

Tak sampai disitu, Oppo terus berinovasi dengan Reno Series, salah satunya dengan menggandeng brand khusus. Misalnya, Oppo Reno FC Barcellona Edition, Oppo secara khusus bekerjasama degan klub sepakbola papan atas Spanyol, FC Barcelona. Kerja sama ini menghasilkan perangkat Reno dengan perpaduan konsep teknologi dan seni.

Khusus Reno 10x Zoom, OPPO memperkenalkan perangkat kolaborasi dengan seniman Indonesia Darbotz, Arkiv Vilmasa dan Ronald Aprian. Desain hasil tiga seniman Indonesia itu mengilustrasikan makna inovasi kreatif bagi para seniman berpadu dengan sentuhan teknologi pada Reno 10x Zoom. Kemudian, Oppo merilis Reno 10x Zoom dengan kapasitas RAM yang lebih besar, seluas 12GB.

4. Oppo Reno2 dan Reno2 F

Perbedaan Reno 2 dan Reno 2F

 

Selang beberapa bulan dari Reno generasi pertama, Oppo meluncurkan Reno2 Series di Indonesia pada Oktober 2019. Reno2 dan Reno2 F masih meneruskan desain Reno sebelumnya, tanpa notch pada layar. Untuk menggantikan itu, Oppo menyematkan kamera depan dengan sistem pop-up.

Reno2 F tampil berbeda dengan kamera pop-up berbentuk persegi, tak seperti Reno generasi kedua yang masih mengusung kamera berupa sirip Hiu. Di bagian belakang, Oppo meningkatkan jumlah kamera pada Reno2 Series, meliputi kamera utama 48MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera portrait 2MP, lensa telephoto 13MP. Perpaduan tadi menawarkan kemampuan 5x Hybrid Zoom, Ultra Dark Mode dengan kemampuan memotret di malam, serta Ultra Steady Video untuk perekaman video yang lebih stabil pada berbagai kondisi.

Bagian dapur pacunya, Oppo memilih Snapdragon 730 untuk Reno2 dan Helio P70 untuk Reno2 F. Tak lupa juga, Oppo menyertakan pengisian cepat VOOC 3.0 dengan baterai 4000mAh pada Reno2 dan Reno2 F.

Sama seperti Reno generasi pertama, Reno2 juga memiliki edisi khusus, meliputi OPPO Reno2 F Disney Special Bundling serta Reno2 Year of the Mouse Limited Edition.

 

5. Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro

Harga Reno3, Pre-Order Reno3

Oppo meluncurkan Reno generasi ketiga pada pertengahan maret 2020. Perangkat ini hadir dengan membawa perubahan dari Reno Series, dengan tak lagi mengadopsi desain kamera pop-up seperti biasanya. Reno3 dan Reno 3 Pro memilih kamera depan berupa lubang pada layar.

Meski begitu, Oppo menyematkan inovasi teknologi didalamnya dengan kehadiran fitur unggulan berupa 48MP Zoom Quadcam, 44MP Ultra Night Selfie, 5x Hybrid Zoom, dan 108MP Ultra Clear Image.

Mode 108MP Ultra Clear Image itu sendiri dihasilkan dengan menggunakan teknologi image stitching, sehingga sensor 48MP bisa menghasilkan resolusi setara 108MP. Resolusi ini diperoleh dari penggabungan beberapa foto yang dikumpulkan kamera, dan mengkalibrasi warna sehingga foto bisa kaya warna.

Selain itu, Oppo juga menambahkan inovasi baru berupa dual kamera selfie di bagian depan Reno3 Pro dengan 44MP serta 2MP sebagai depth sensor. Ini merupakan pertama kalinya seri Reno memiliki dual kamera selfie pada layar.

Sementara, sektor dapur pacu dihuni oleh MediaTek Helio P90 untuk Reno3 dan Helio P95 untuk Reno3 Pro. Peningkatan juga terlihat dari pengisian cepat yang dibawa Reno3 Pro, yakni VOOC 4.0. Sedangkan, khusus Reno3 Oppo masih menyertakan pengisian cepat VOOC 3.0. Keduanya didukung dengan baterai berkapasitas 4.025mAh.

[ad_2]
Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here