[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih tidak memberlakukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Sudirman-Thamrin pekan depan.

Meski demikian, warga tetap diperbolehkan berolahraga di kawasan itu.

“Untuk minggu depan ini tetap, tidak ada HBKB,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (28/6).

Lebih lanjut Syafrin mengatakan bahwa pelaksanaan olahraga meski tidak ada CFD ialah bentuk pembelajaran bagi warga untuk terbiasa menerapkan protokol kesehatan secara kolektif.

“Masyarakat yang tadinya disiplin menjalankan protokol kesehatan secara individu, disaat ini belajar untuk menjalankan protokol kesehatan secara kolektif sehingga ini jadi tradizi baru warga jakarta,” lanjutnya.

Sementara itu, menurut Syafarin kerumunan warga yang berolahraga di jalan Sudirman Thamrin tidak sepadat pekan lalu, Minggu (22/6).

“Hasil evaluasi kami hari ini tidak ada penumpukan. Semuanya bergerak berbeda dengan pelaksanaan minggu lalu,” kata dia.

Lalu terkait 32 kawasan khusus pesepeda yang tersebar di 5 wilayah administratif DKI Jakarta juga pelaksanaannya menurut dia sudah cukup baik. Kendati begitu ia belum bisa memastikan keberlanjutan pelaksanannya.

“Untuk pelaksanaan 32 lokasi khusus pesepeda akan kami evaluasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyebar wilayah CFD ke berbagai lokasi administratif. Lokasi CFD ini disebar sebab pekan lalu terjadi penumpukan warga di kawasan Sudirman-Thamrin.

Dishub DKI sebelumnya menyatakan masyarakat yang berolahraga pada kegiatan CFD di Sudirman-Thamrin pekan lalu mencapai lebih dari 40 ribu orang.

Kini, terdapat 8 titik CFD di Jakarta Pusat, 5 titik di Jakarta Timur, 6 titik di Jakarta Utara, 8 titik di Jakarta Barat, dan 5 titik di Jakarta Selatan.

(eks/eks)

[Gambas:Video CNN]



[ad_2]
Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here