[ad_1]

Praktik terbaik pengoptimalan toko aplikasi untuk App Store dan Google Play Apple – dua toko aplikasi seluler terbesar di pasar – dan faktor peringkat utama mereka.

Dengan sebagian besar penggunaan smartphone dihabiskan untuk aplikasi seluler (86% di Inggris saja), menaklukkan salah satu toko aplikasi utama adalah prospek yang menggoda untuk merek apa pun dengan ambisi seluler yang besar.

Anda mungkin menganggap sebagian besar waktu itu dihabiskan oleh Instagram dan aplikasi sosial terkemuka, tetapi media sosial bahkan tidak masuk ke dalam lima kategori aplikasi Android teratas pada 2019. Alat, komunikasi, bisnis, pemutar video dan editor, dan perjalanan dan lokal mengumpulkan lima kategori teratas, membuktikan ada pasar yang cukup besar di luar aplikasi media sosial.

Pada artikel ini, kami menjelaskan cara mengoptimalkan aplikasi seluler Anda untuk toko aplikasi utama, memaksimalkan kehadiran Anda dan meyakinkan lebih banyak pengguna untuk mengunduh aplikasi Anda.

Apa itu optimasi toko aplikasi?

Pengoptimalan toko aplikasi (ASO) adalah proses mengoptimalkan daftar aplikasi seluler Anda untuk toko aplikasi seperti Google Play dan iOS App Store. Tujuannya adalah membuat aplikasi Anda dapat ditemukan semaksimal mungkin di platform ini dan memaksimalkan unduhan.

Pada dasarnya, ini setara dengan aplikasi seluler SEO untuk situs web. Anda akan melihat proses pengoptimalan juga sangat mirip.

Menampilkan aplikasi di app store

Ungkapan pengoptimalan toko aplikasi (ASO) banyak digunakan dalam industri pemasaran dan secara khusus merujuk pada daftar yang muncul di toko aplikasi. Sama seperti SEO, ada aspek kinerja yang memengaruhi peringkat aplikasi Anda dan kami akan melihatnya secara mendetail nanti di artikel ini.

Ingatlah bahwa, pada tingkat yang lebih teknis, Anda juga harus memenuhi pedoman peninjauan dari setiap toko aplikasi individual sebelum listing Anda muncul.

Bagaimana cara saya mengoptimalkan toko aplikasi?

Jika Anda terbiasa mengoptimalkan situs web untuk pencarian, proses umum untuk mengoptimalkan toko aplikasi akan terasa sangat akrab. Jadi, di bagian ini, kita akan melihat aspek kunci dari pengoptimalan untuk App Store dan Google Play Apple – dua toko aplikasi seluler terbesar di pasar.

Judul / nama aplikasi

Dengan cara yang sama bahwa judul halaman adalah salah satu faktor peringkat paling penting dalam SEO, judul daftar aplikasi Anda sama pentingnya untuk optimasi toko aplikasi – dan aturan umum yang sama berlaku.

Judul Anda harus terlebih dahulu menyertakan nama aplikasi Anda dan, dengan anggapan Anda memiliki ruang yang cukup, Anda juga harus memasukkan kata kunci utama Anda dengan cara yang secara akurat menggambarkan aplikasi Anda.

Bayangkan seseorang mencari “aplikasi produktivitas” di Google Play dan melihat daftar hasil yang terlihat seperti ini:

Contoh aplikasi produktivitas

Di sini Anda dapat melihat setiap aplikasi menentukan namanya dalam judul dan juga deskripsi singkat yang menyertakan kata kunci utama mereka dan memberikan konteks yang berharga bagi pengguna. Jika nama aplikasi Anda bersifat deskriptif dan menyertakan kata kunci utama Anda, Anda dapat menggunakan ini sebagai judul dan melanjutkan – misalnya, permainan snooker bernama Juara Snooker Virtual.

Subtitle (iOS)

Di App Store Apple Anda juga dapat menambahkan subtitle yang ditampilkan di bawah judul / nama aplikasi Anda di hasil pencarian dan halaman daftar.

Menampilkan judul dan subtitle di app store

Sebagai catatan singkat, Apple tidak menghargai kepadatan kata kunci dalam algoritme-nya sehingga tidak ada gunanya mengulangi kata kunci utama Anda dalam subtitle. Lebih penting lagi, itu tidak menguntungkan pengguna untuk melihat kata-kata yang sama diulang, jadi gunakan ruang ini untuk menggambarkan aplikasi Anda sedikit lebih detail dan sertakan kata kunci sekunder penting mana saja yang sesuai.

Kategori

Memilih kategori yang tepat untuk aplikasi Anda sangat penting untuk ditampilkan dalam pencarian yang relevan. Kembali ke contoh pencarian “aplikasi produktivitas” yang kami lihat sebelumnya dan Anda akan melihat sangat sedikit aplikasi yang terdaftar yang benar-benar memasukkan kata kunci “produktivitas”.

Namun, aplikasi masih menunjukkan untuk pencarian ini berkat pilihan kategori yang tepat, memungkinkan pengembang untuk menargetkan istilah pencarian yang lebih spesifik dalam judul dan deskripsi aplikasi mereka. Ingatlah bahwa kriteria untuk memilih kategori aplikasi sedikit berbeda antara App Store dan Google Play, jadi pastikan Anda terbiasa dengan pedoman tersebut.

Anda dapat menemukan instruksi untuk App Store sini dan Google Play sini.

Kata kunci

Apple menyediakan bidang kata kunci dengan batas 100 karakter, di mana Anda dapat mendaftar kata kunci yang paling penting untuk aplikasi Anda. Sekali lagi, Anda dapat menemukannya dokumentasi di pusat pengembang App Store tapi di sini adalah ringkasan dari apa yang dikatakan Apple tentang penggunaan bidang kata kunci.

“Kata kunci dibatasi hingga 100 karakter, jadi penting untuk ringkas saat mendeskripsikan aplikasi Anda. Meskipun spasi tidak boleh digunakan sebelum atau setelah koma yang memisahkan kata kunci dan frasa kata kunci, Anda dapat menggunakan spasi untuk memisahkan kata dalam frasa kata kunci. Misalnya: Properti, Real Estat, Rumah. ”

Pilih kata kunci Anda berdasarkan istilah yang menurut Anda akan digunakan audiens target untuk menemukan aplikasi Anda di App Store. Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra penargetan kata kunci luas untuk mencoba dan memaksimalkan visibilitas dan menjadi lebih spesifik untuk meningkatkan relevansi dan mudah-mudahan, unduhan.

Google Play lebih kompleks dalam cara berurusan dengan kata kunci; tidak ada bidang bagi Anda untuk menentukan istilah pencarian. Sebaliknya, Anda harus mengandalkan judul, kategori, dan kata kunci dalam deskripsi aplikasi Anda.

Deskripsi aplikasi

Deskripsi aplikasi di iOS App Store bukan merupakan faktor peringkat. Anda hanya perlu menggunakan ruang ini untuk memberikan deskripsi aplikasi Anda yang relevan, akurat dan menarik. Hal-hal sangat berbeda di Google Play, di mana algoritma lanjutan Google merayapi deskripsi Anda untuk makna kontekstual.

Ini berarti Anda ingin memasukkan kata kunci dalam deskripsi Anda dan bertujuan untuk kepadatan sekitar 2-3%. Anda mungkin perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengoptimalkan deskripsi Anda juga, untuk menemukan keseimbangan yang tepat dalam hal peringkat di Google Play dan memberikan deskripsi terbaik untuk pengguna.

Gambar dan tangkapan layar

Gambar dan tangkapan layar tidak memberikan manfaat peringkat langsung apa pun, tetapi hal itu berdampak besar pada RKT, unduhan, dan metrik kinerja yang melakukan berdampak pada peringkat Anda. Lebih penting lagi, mereka memainkan peran besar dalam menentukan berapa banyak orang yang memutuskan untuk mengunduh aplikasi seluler Anda.

Gambar harus akurat, relevan, dan menarik. Tujuan Anda di sini adalah untuk menunjukkan kepada pengguna mengapa mereka harus memilih aplikasi Anda dari puluhan atau ratusan alternatif, jadi lakukan apa yang Anda bisa untuk menyoroti manfaat utama dan USP dari aplikasi seluler Anda.

Jika Anda menargetkan beberapa lokasi bahasa dengan aplikasi Anda, pastikan Anda juga menyertakan gambar yang dilokalkan untuk setiap daftar dengan elemen UI yang menampilkan bahasa asli dari setiap pemirsa.

Anda tidak ingin pengguna di Prancis melihat gambar antarmuka pengguna aplikasi Anda dalam bahasa Inggris.

Pratinjau Aplikasi / Video Promo

App Store dan Google Play mendorong Anda untuk memasukkan video pendek yang menunjukkan apa yang dapat dilakukan aplikasi Anda. Apple menyebut Ulasan Aplikasi ini dan Google menyebutnya Video Promo. Sekali lagi, pedoman untuk ini berbeda-beda jadi pastikan Anda terbiasa dengan persyaratan sebelum membuat cuplikan.

Pratinjau di app store

Apple memiliki batasan ketat yang berlaku (tema umum di App Store) dan Anda akan menemukan ringkasan yang mendalam sini.

Google memberi Anda lebih banyak kebebasan dengan Video Promo-nya, yang pada dasarnya adalah video YouTube yang dapat Anda tanam dalam daftar Anda. Ada beberapa panduan yang perlu Anda penuhi tetapi ini sebagian besar persyaratan spesifikasi teknis, yang dapat Anda baca sini.

Yang terpenting, Anda ingin membuat video yang menunjukkan manfaat utama dari aplikasi Anda dan pengalaman positif yang dapat diharapkan pengguna saat mereka mengunduhnya.

Ulasan Pengguna

Jika ada sesuatu yang lebih penting daripada pratinjau gambar dan video, dalam hal meyakinkan orang untuk mengunduh aplikasi Anda, itu akan menjadi ulasan pengguna. Ini sangat penting di Google Play di mana kualitas aplikasi seluler lebih bervariasi daripada di App Store – manfaat dari pedoman ulasan ketat Apple.

Google Play juga memiliki perpustakaan aplikasi yang jauh lebih besar bagi pengguna untuk dijelajahi dan ulasan positif dapat menjadi faktor penentu penting.

Bayangkan pengguna kecewa ketika mereka melihat skor ulasan untuk aplikasi Starbucks UK yang baru dengan skor 1,8 dari 5 yang sangat sedikit.

Aplikasi Starbucks menampilkan 1,8 bintang dari 5

Ini hanya bertambah buruk ketika pengguna menggulir ke bawah dan melihat umpan balik yang ditinggalkan orang untuk penggantian salah satu aplikasi seluler paling sukses dalam sejarah. Belum lagi fakta bahwa Google Play dan App Store akan merekomendasikan opsi alternatif dengan skor ulasan yang lebih baik.

Ulasan buruk aplikasi Starbucks

Mungkin ini tidak akan cukup untuk meyakinkan pelanggan Starbucks yang sulit untuk berganti merek, tetapi beberapa merek menikmati tingkat kesetiaan yang sama. Untuk sebagian besar bisnis dengan aplikasi seluler, ulasan positif memiliki pengaruh besar pada RKT dan unduhan – dan itu kemungkinan berarti aplikasi Anda memberikan pengalaman yang akan membuat orang menggunakannya dengan bahagia setelah unduhan awal.

Apa faktor peringkat di toko aplikasi utama?

Sekarang kita telah melihat aspek-aspek kunci dari daftar aplikasi Anda yang perlu dioptimalkan, mari kita jalankan melalui faktor-faktor peringkat kunci untuk App Store dan Google Play. Ini patut dipahami karena beberapa fitur daftar yang kami lihat berdampak langsung pada peringkat Anda sementara yang lain tidak – dan ada beberapa faktor peringkat yang belum kami eksplorasi sama sekali.

Berikut ini ringkasan singkat dari faktor peringkat yang diketahui di kedua platform.

Toko aplikasi Google Play
Daftar Daftar
Nama aplikasi Judul aplikasi
Subtitle Deskripsi Singkat
URL aplikasi Deskripsi panjang
Kata kunci (nama aplikasi, bidang kata kunci) Kata kunci (semua input), termasuk. kepadatan kata kunci
Peringkat & ulasan Peringkat & ulasan
Daftar RKT Daftar RKT
Google Tags
Kinerja aplikasi Kinerja aplikasi
Unduhan Unduhan
Keterikatan Keterikatan
Copot pemasangan tingkat Copot pemasangan tingkat
Pembelian dalam aplikasi Pembelian dalam aplikasi
Pembaruan Pembaruan
Tautan balik berkualitas

Seperti yang Anda lihat, faktor peringkat yang diketahui terlihat sangat mirip di kedua platform, dengan beberapa pengecualian pada daftar. Yang mengatakan, kedua app store memiliki algoritma sendiri dengan faktor peringkat yang tidak diketahui atau tidak dikonfirmasi. Google Play hadir dengan kompleksitas tambahan yang terintegrasi dengan Google Search dan produk lain dari mesin pencari terbesar di dunia.

Hal yang perlu diingat pada saat ini adalah bahwa kedua platform melihat sinyal kinerja yang sama dari aplikasi Anda dan ini memiliki dampak besar pada seberapa tinggi peringkat Anda.

Peran sinyal UX dan kinerja

Untuk memahami pentingnya pengalaman pengguna dan sinyal kinerja dalam pengoptimalan toko aplikasi, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana platform seperti Apple Store Store dan Google Play menghasilkan uang.

Dalam kasus Apple, App Store adalah sumber pendapatan yang signifikan bagi perusahaan, menghasilkan miliaran dolar setiap tahun – sekitar $ 15 miliar (£ 12 miliar) pada tahun 2019. Sebagian besar uang ini berasal dari pembelian dalam aplikasi di mana perusahaan mengambil potongan 30% yang cukup besar dari setiap transaksi, sedangkan 70% sisanya jatuh ke pengembang aplikasi.

Ceritanya sedikit lebih kompleks dengan Google Play. Google menghasilkan sebagian besar uang Android dari iklan seluler, termasuk iklan yang ditampilkan di perpustakaan aplikasi gratis yang tersedia di Google Play. Penghasilan terbesar kedua raksasa teknologi itu datang langsung dari pembelian aplikasi dan, seperti halnya Apple, Google memotong 30% semua aplikasi yang dibeli melalui Google Play dan pembelian yang dilakukan di dalam aplikasi.

Jadi, sementara struktur pendapatan sedikit berbeda untuk Apple dan Google, kedua app store membutuhkan pengguna untuk mengunduh aplikasi, tetap menggunakannya dan terus melakukan pembelian (dan klik pada iklan, dalam kasus Google Play).

Dengan mengingat hal ini, inilah sinyal kinerja di atas yang benar-benar berjumlah:

  • Unduhan: Peluang untuk toko aplikasi untuk menghasilkan pendapatan.
  • Tingkat penghapusan instalasi: Angka rendah berarti lebih banyak peluang untuk pendapatan berkelanjutan, angka tinggi berarti Anda adalah aplikasi bernilai rendah untuk toko.
  • Keterikatan: Pengguna yang terlibat lebih cenderung menghabiskan uang, lebih sering.
  • Pembelian dalam aplikasi: Uang di bank.
  • Pembaruan: Perbaikan bug, fitur baru, dan alasan orang tetap menggunakan aplikasi dan menghabiskan uang.

Berkinerja baik di bidang ini dan Anda akan mendapat peringkat bagus di toko aplikasi. Dalam hal ini, pengoptimalan toko aplikasi lebih mudah daripada SEO karena semakin banyak pendapatan yang Anda hasilkan melalui aplikasi Anda, semakin banyak toko menghasilkan sebagai imbalan dan semakin kuat kehadiran Anda menjadi di toko aplikasi.

Perlu bantuan dengan pengoptimalan toko aplikasi?

Jika Anda perlu meningkatkan visibilitas ponsel Anda di App Store atau Google Play, Anda dapat berbicara dengan spesialis seluler kami dengan menelepon 02392 830281 atau kirim email kepada kami di info@vertical-leap.uk.

[ad_2]

Belajar SEO untuk meningkatkan rangking website anda di Google. Temukan cara mudah mendapatkan Backlink dan membuat website anda muncul di Page 1 Google lengkap di www.NewsFor.ID/category/learning/digital-marketing/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here