[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan instansi negara sudah tak bisa akal-akalan dengan masyarakat.

Hal itu Mahfud sampaikan terkait pembuatan surat jalan oleh anggota Polri untuk buronan kasus Bank Bali Djoko Tjandra.

“Saya kira zaman sekarang menyelesaikannya harus terbuka, ndak bisa akal-akalan karena masyarakat juga sudah pinter,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Rabu (15/7).

Mahfud menyerahkan kasus pembuatan surat jalan untuk Djoko Tjandra itu kepada Polri. Korps Bhayangkara memiliki aturan internal terkait pelanggaran disiplin anggota. Ia pun meminta Polri mengusut kasus ini secara terbuka.

“Kita tunggu saja tindakan dari Polri,” ujar mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Sebelumnya, Polri mengakui kepala biro di Bareskrim membuat surat jalan untuk Djoko Tjandra. Surat dengan Nomor: SJ/82/VI/2020/Rokorwas tertanggal 18 Juni 2020 itu ditandatangani Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Polri Brigjen Prasetyo Utomo.

Dalam surat itu, Djoko Tjandra berangkat dari Jakarta pada 19 Juni 2020 menuju Pontianak menggunakan pesawat. Keperluan perjalanan ialah konsultasi dan koordinasi. Dia direncanakan kembali ke ibu kota pada 22 Juni 2020.

Atas penerbitan surat itu, Prasetyo lantas diperiksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri. Ia dinyatakan bersalah telah menyalahgunakan tugas dan wewenangnya. Prasetyo dicopot dari jabatannya dan ditahan 14 hari.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengatakan surat jalan, seperti untuk Djoko Tjandra, hanya berhak dikeluarkan oleh kepala atau wakil kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).

Sementara surat jalan Djoko Tjandra untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Pontianak pada akhir Juni 2020 diterbitkan seorang kepala biro di Bareskrim.

Surat jalan Djoko Tjandra itu pertama kali disampaikan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman.

(tst/fra)

[Gambas:Video CNN]



[ad_2]
Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here