[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Bahan bakar adalah sumber daya alam yang sangat penting di dunia untuk menggerakan motor atau mesin, termasuk untuk kendaraan. Namun demikian, harus diingat bahwa cadangan minyak mentah mulai terbatas. Ini berarti penting untuk menghemat bahan bakar sebanyak yang kita bisa.

Sementara mobil listrik tengah dipelajari sebagai alternatif untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel. Adaptasinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat diterima secara luas seperti kendaraan konvensional.

Untuk itu, Liputan6.com merangkum tips sederhana yang dapat membantu Anda menghemat bahan bakar seperti melansir laman timesnownews, Jumat (11/6/2020).

1. Gaya mengemudi atau berkendara dengan santai

Kebanyakan orang tidak bisa santai saat melihat jalanan kosong. Bahkan, saat jalanan tengah padat merayap sekalipun ketika ada celah seakan ingin “sikat” saja.

Manuver seperti ini sering melibatkan akselerasi yang instan, diikuti dengan pengereman instan, dan menghasilkan penurunan seketika dalam penghematan bahan bakar.

Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk bersikap lebih lunak. Dengan melepaskankopling secara perlahan, akselerasi dengan lembut, dan yang terpenting, bersabarlah.

Ini tidak hanya aman untuk Anda dan pengguna kendaraan lain di jalan, tetapi juga baik untuk penghematan bahan bakar kendaraan.

2. Matikan kunci kontak saat mode idle

Mobil yang berjalan saat idle adalah pedang bermata dua karena membuang bahan bakar dan mencemari lingkungan. Jadi, biasakan mematikan mesin saat tidak digunakan.

3. Gunakan AC dengan bijaksana

Semua tahu bahwa AC adalah kebutuhan di sebagian besar negara karena suhu. Tetapi jika cuaca di luar cukup segar, coba matikan AC dan buka jendela kendaraan. Tapi ingat, jangan menurunkan jendela saat dalam kecepatan tinggi atau di jalan raya. Turunkan jendela saat kendaraan berada pada kecepatan pelan atau santai.

 

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here