[ad_1]

Jakarta

Jumlah pedagang pasar yang dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) terus bertambah. Di DKI Jakarta saja per hari ini sebanyak 52 pedagang dinyatakan positif.

Menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, pembukaan kegiatan perdagangan di pasar tradisional seyogyanya diutamakan di zona hijau dan kuning.

“Memang buka bertahap ini kita koordinasi dengan Pemda setempat yang di mana buka ini juga dengan melihat zona kuning dan zona hijau. Nah ini yang kita prioritaskan zona hijau dan zona kuning,” kata Agus ketika berbincang dengan awak media di kantornya, Jakarta (Kamis 11/6/2020).

Menurut Agus, sebelum pasar dibuka ini sudah seharusnya dilakukan rapid test atau PCR agar dapat memetakan kondisi para pedagang.

“Apabila masuk pembukaan pasar tradisional ini terjadi positif, memang sebelumnya harus dilakukan test PCR maupun rapid test untuk memastikan para pedagang ini sehat,” urainya.

Menurut Agus, jika pedagang pasar ditemukan positif, maka keputusan apakah pasar itu akan tetap dibuka atau harus tutup ada di Pemda.

“Ya kalau ada penemuan kasus otomatis akan dievaluasi dan juga Pemda pun akan mengambil langkah-langkah yang positif,” tegas Agus.

Dengan adanya kasus yang terjadi saat ini, Agus mengimbau baik pedagang maupun masyarakat yang ke pasar tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kita yakin kalau dengan mengedepankan protokol kesehatan, kita mematuhi dengan memakai masker, sarung tangan, face shield, kita yakin akan bisa kita lalui semuanya ini,” pungkasnya.

Simak Video “Gelar Tes Corona di 19 Pasar di Jakarta, 52 Pedagang Positif
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here