[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo mengingatkan para calon perwira remaja TNI-Polri agar tetap konsisten terhadap Pancasila dan NKRI. Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pembekalan pada calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri 2020 melalui tayangan virtual yang disiarkan di akun YouTube Puspen TNI, Rabu (8/7).

“Para calon perwira remaja TNI-Polri, saya ingatkan saudara-saudara harus konsisten terhadap ideologi negara Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Konsisten pada tujuan-tujuan besar bangsa, memiliki jiwa ksatria dan pantang mundur, selalu optimis pada kejayaan dan kemajuan bangsa,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan bahwa persaingan dunia saat ini semakin ketat. Ia meminta agar para capaja menyiapkan diri menghadapi berbagai persaingan dan tantangan itu.

Menurutnya, kondisi dunia yang berubah cepat membuat semua orang harus beradaptasi dengan cepat. Termasuk teknologi militer yang juga berkembang sangat cepat dengan menggabungkan instrumen persenjataan dengan kecerdasan buatan.

“Teknologi otomatisasi dan teknologi sensor yang mengarah pada penginderaan jarak jauh semakin canggih, komputasi kuantum juga telah mengarahkan pada sistem senjata yang otonom serta pertahanan siber,” katanya.

Selain itu, lanjut Jokowi, tantangan kejahatan yang dihadapi para perwira kepolisian juga akan semakin berat karena menggunakan teknologi canggih hingga menjangkau kejahatan siber lintas negara.

Untuk itu, ia mengingatkan agar para calon perwira ini memiliki kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik.

“Saudara-saudara wajib terus belajar, belajar sendiri maupun melalui institusi. Kita tidak bisa lagi berpikir dengan cara biasa-biasa saja, tidak bisa lagi menggunakan cara bekerja monoton, tidak bisa lagi dengan kemampuan standar-standar saja,” tuturnya.

Jokowi berpesan agar para capaja terus merawat semangat persatuan, persaudaraan, gotong-royong, dan memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat.

“TNI dan Polri harus selalu bersatu dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan bangsa ke depan,” ucap Jokowi.

(psp/wis)

[Gambas:Video CNN]



[ad_2]
Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here