[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar dan teraktif di dunia.

Diungkapkan oleh Head of Connectivity and Access Policy Facebook APAC, Tom Harghese, 66 persen rumah tangga di Indonesia merupakan pengguna internet, lebih tinggi dari rata-rata Asia yang hanya 60 persen.

“Sayangnya, kecepatan internet di Indonesia lebih lambat ketimbang kecepatan internet di rata-rata regional,” katanya.

Oleh karenanya menurut Tom, untuk memberikan akses internet cepat ke lebih banyak orang Indonesia, diperlukan kolaborasi dari semua pihak.

Apalagi, menyediakan internet dibutuhkan infrastruktur yang masif dan investasinya tidak murah. Facebook pun berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah, industri, akademisi, ahli teknologi, dan masyarakat sipil untuk membantu menghubungkan 3,5 miliar orang di dunia, termasuk di Indonesia.

Untuk Indonesia, Facebook Connectivity telah menggelar empat program yang bertujuan untuk menghadirkan akses internet cepat serta merata ke lebih banyak orang.

Pertama, Facebook bekerja sama dengan Alita membangun kabel fiber sepanjang 3.000km, guna menghubungkan lebih dari 1.000 titik di jaringan Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Ini adalah investasi kabel fiber terbesar Facebook di Asia saat ini. Ketika proyek ini selesai, kabel fiber akan menyediakan akses internet cepat ke lebih dari 10 juta pengguna,” kata Tom.

Ia menambahnya, kabel fiber ini merupakan akses terbuka untuk semua penyedia layanan. Saat ini, Alita dan Facebook telah melaksanakan pembangunan sepanjang 1.100km kabel fiber di Bali, Pasuruan, Manado, dan Solo.

[ad_2]

Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here