[ad_1]

Dari segi filogeni (kajian mengenai hubungan di antara kelompok-kelompok organisme), panda merah memiliki keterkaitan dengan Procyonidae (keluarga rakun), Ursidae (beruang), dan Ailuropoda (panda raksasa). Ia ditempatkan pada Ailuropodinae (sampai keluarga ini dipindahkan ke Ursidae), dan ke dalam keluarganya sendiri, Ailuridae. Ketidakpastian ini berasal dari kesulitan dalam menentukan apakah karakteristik tertentu Ailurus secara filogenetis konservatif atau diturunkan dan konvergen dengan spesies yang memiliki kebiasaan ekologis yang sama.

Bukti berdasarkan catatan fosil, serologi, karyologi, perilaku, anatomi, dan reproduksi mencerminkan kedekatan yang lebih dekat dengan Procyonidae daripada Ursidae. Namun, spesialisasi ekologis, pola dalam mencari makan, dan distribusi geografis yang berbeda mendukung kaitannya dengan klasifikasi procyonid modern dalam keluarga terpisah Ailuridae, menurut Wozencraft, W.C. dalam “Species Ailurus fulgens” (2005).

Penelitian DNA molekuler sistematis terbaru juga menempatkan panda merah ke dalam keluarganya sendiri, Ailuridae, bagian dari Musteloidea superfamili yang luas yang juga mencakup mephitids (sigung), procyonid (rakun), dan mustelid (musang). Menurut penelitian filogenetik terbaru, kerabat terdekat panda merah dalam keluarga super Musteloidea adalah procyonid dan mustelid.

“Ini bukan beruang, tidak ada hubungannya dengan panda raksasa, atau rakun, atau garis keturunan afinitas yang tidak pasti. Alih-alih itu adalah garis dasar musteloid, dengan sejarah panjang kemerdekaan dari kerabat terdekatnya (sigung, rakun, dan berang-berang / musang / musang),” kata biologis JJ Flynn dalam makalahnya berjudul Whence the Red Panda? pada 2000.

Panda merah sendiri beranak pada musim semi dan memiliki satu hingga empat anak sekaligus, mereka juga tinggal dalam sarangnya setidaknya 90 hari setelah melahirkan. Panda merah juga merupakan hewan nocturnal, mereka sangat aktif ketika hari sudah gelap.

Ukuran panda merah hanyalah seukuran dengan kucing peliharaan yang ada di dalam rumah. Salah satu penyebab mengapa panda merah ini terancam punah adalah penebangan hutan bambu yang membuat mereka kesulitan mencari makan. Tapi panda merah ini juga dapat makan biji-bijian, telur dan buah-buahan. Pihak konservasi di Nepal berharap mereka dapat melindungi populasi yang ada saat ini. 

 

Reporter: Yohana Belinda

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here