[ad_1]

Jakarta, Selular.ID – Meskipun ransomware yang khusus ditujukan untuk pengguna Mac sangat jarang, namun pengguna perangkat Mac disarankan mulai berhati-hati.

Pasalnya, Ransomware Mac yang didistribusikan melalui perangkat lunak dijuluki “EvilQuest,” secara aktif menargetkan pengguna macOS.

Ransomware ini, seperti dikabarkan Apple Insider, mengenkripsi file pengguna dan menuntut uang tebusan untuk membuka kunci.

Ransomware ini muncul secara berkala dari waktu ke waktu. Selain mengenkripsi file pengguna dengan jahat dan menagih uang untuk membukanya, EvilQuest juga memasang keylogger dan shell terbalik pada sistem, bersama dengan kode yang mencuri file dompet cryptocurrency.

Baru-baru ini berapa peneliti keamanan menerbitkan analisis dan laporan ransomware “OSX.EvilQuest” yang baru ditemukan. Pertama kali ditemukan oleh peneliti malware independen Dinesh Devadoss , EvilQuest dikatakan telah beredar  sejak awal Juni 2020.

Menurut Jamf Patrick Wardle, mantan peretas NSA dan peneliti keamanan MacOS, kemampuan itu dapat memungkinkan penyerang “kontrol penuh atas host yang terinfeksi.

Baca Juga :Hindari Serangan Ransomware, Perhatikan Hal Berikut

Seperti potongan Mac ransomware sebelumnya, tampaknya EvilQuest didistribusikan melalui perangkat lunak bajakan. Para peneliti telah menemukan itu dibundel dalam paket yang disebut Pembaruan Perangkat Lunak Google, sementara yang lain melihatnya tersembunyi dalam versi bajakan dari aplikasi DJ Mixed In Key dan alat keamanan Little Snitch.

Dan Tampaknya EvilQuest hanya didistribusikan melalui situs web torrent dan perangkat lunak bajakan. Jadi, jika Anda tetap menggunakan Mac App Store atau pengembang pihak ketiga yang Anda percayai, Anda harus dapat menghindarinya.

[ad_2]
Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here