[ad_1]

Jakarta

Direktur Niaga dan Manajemen Pelayanan Pelanggan PLN, Bob Sahril menyatakan bersedia buka-bukaan soal proses bisnis PLN. Hal ini menyusul adanya ketidakpercayaan masyarakat soal tagihan listrik yang dikeluarkan PLN.

“Proses bisnis boleh dicek silahkan. Malah kami senang karena sangat penting sekali bagi kita, kami sangat membutuhkan justru kami sangat senang sekali,” kata Bob melalui telekonferensi, Kamis (11/6/2020).

“Tetapi harus ada perjanjian mana saja yang menjadi keterbukaan informasi dan mana yang tidak, kan ada sesuai UUD,” tambahnya.

Pernyataan Bob itu merupakan jawaban atas permintaan pelanggan bernama Indah Sukmaningsih. Dia ingin diperlihatkan bagaimana cara PLN menindaklanjuti pengaduan yang masuk dari pelanggan.

“Jadi boleh nggak saya melihat bagaimana PLN menganalisa komplain di masyarakat? Apakah dibedakan antara apa itu produk knowledge? Supaya ketahuan yang salah itu bisnis prosesnya nggak benar,” kata Indah dalam kesempatan yang sama.

Indah yang juga merupakan Mantan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai selama ini pelanggan yang mengadu hasilnya selalu pelanggan yang salah. Indah ingin ditunjukkan bagaimana PLN menindaklanjutinya, karena bisa saja PLN yang salah.

“Jadi nggak selalu salah konsumen. Barangkali salah PLN juga, bisnis prosesnya aja nggak jelas, kita saja nggak ngerti karena pemberitahuan soal informasi ke konsumen agak meremehkan gitu,” ucapnya.

Indah menilai banyak pelanggan kelas menengah bawah yang masih belum mengerti soal pencatatan meter mandiri. Sedangkan saat ingin komplain ke kantor PLN ditolak oleh satpam yang ada di kantor tersebut.

“Sepertinya PLN tidak memahami siapa gambaran masyarakatnya yang disuruh ngitung sendiri, lihat sendiri, hitungannya begini, jelas, transparan, masyaAllah itu kan setingkat kelas atas. Yang lain nggak tahu. Ada yang ditolak oleh satpam, itu juga suatu alat introspeksi bagi pekerjaan PLN sendiri tidak hanya menuding bahwa rakyatnya bodoh, bodoh itu juga negara yang bikin rakyatnya bodoh,” tegasnya.

Simak Video “Tagihan Listrik Naik, Tompi: PLN Harus Perbaiki Komunikasi Publik
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here