[ad_1]

Sebelumnya dikenal sebagai Elopura, Sandakan adalah bekas ibukota British North Borneo. Pusat kehidupan liar, alam, dan sejarah ini menawarkan banyak hal untuk dilihat dan dilakukan oleh orang-orang dari segala usia. Sejarah kota yang menawan juga agak menarik, dan dapat ditelusuri kembali ke awal 1870-an. Semua dalam semua, permata tempat ini menawarkan perpaduan yang menarik dari segalanya, membuat tujuan liburan yang indah. Dari gua ke taman dan pulau, ada pilihan tak terbatas bagi mereka yang ingin lebih dekat dengan alam!

Taman Hutan Hujan Sandakan, juga dikenal sebagai Kebun Cina, adalah tempat eksperimen botani awal dilakukan. Saat ini seluas 148,6 hektar, taman itu dulu jauh lebih besar, tetapi masih sangat hidup dan dipenuhi dengan satwa liar tropis sampai hari ini. Ada sekitar 110 spesimen berbeda yang dapat ditemukan di sini, menjadikan ini tempat terbaik bagi pecinta alam. Pengunjung dapat mampir untuk melihat burung dan serangga unik atau tanaman pemakan daging karnivora saat hiking di sepanjang jalan yang indah. Jika itu bukan urusan Anda, luangkan waktu untuk mengagumi pemandangan hutan hujan yang indah dari jembatan gantung di taman atau memperkaya pengetahuan Anda dengan mengunjungi gedung pameran. Terletak sekitar 9 km dari pusat kota Sandakan, cara terbaik untuk sampai ke sini adalah dengan mobil.

Alamat:

Unnamed Rd, 90000 Sandakan, Sabah

Jam beroperasi:

Setiap hari, jam 7 pagi – 6 sore

Terletak sekitar 25 kilometer dari kota Sandakan, pusat ini telah ada sejak 1964 dan didirikan dengan tujuan merehabilitasi orangutan yatim piatu dan disita. Sekarang ada 60-80 orangutan liar yang menyebut cadangan ini sebagai rumah, dengan 25 orangutan yatim piatu lainnya dirawat oleh staf terlatih di pusat pembibitan cagar. Pengunjung akan belajar bagaimana teman-teman berbulu kita dapat disesuaikan kembali ke alam liar dan melihat sesi makan setiap hari juga. Mereka yang beruntung mungkin juga mendapat kesempatan untuk melihat makhluk lain seperti beruang madu, siamang, dan badak sebagai pusat terkadang menyediakan perawatan untuk mereka juga. Tujuan utama dari pusat ini adalah untuk mendidik orang tentang proses rehabilitasi, sehingga Anda dapat yakin bahwa ini akan menjadi pengalaman yang membuka mata dan memperkaya – terutama bagi yang muda! Anda bisa mendapatkan tiket untuk pengalaman ini sini.

Alamat:

Departemen Margasatwa Sabah, W.D.T. 200, Sandakan, Jalan Sepilok, Sepilok, 90000 Sandakan, Sabah

Jam beroperasi:

Jumat-Rabu, 9 pagi – 11 pagi dan 2 siang – 3 sore; Kamis, 9 pagi – 11 pagi dan 2 siang – 4 sore

Anda tidak harus menjadi penggemar sejarah untuk menikmati yang satu ini, cukup nikmati pemandangannya. Sandakan Heritage Trail menghubungkan beberapa situs bersejarah di kota Sandakan. Mudah ditemukan, jejaknya ditandai dengan jejak kaki merah pada ubin beton putih yang menunjukkan kata-kata “Heritage Trail”. Saat ini ada sebelas stasiun di jalan setapak, termasuk Masjid Sandakan Jamek, tangga 100 langkah, Agnes Keith House, dan Kuil Sam Sing Kung. Selain menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bagian terbaiknya mungkin adalah fakta bahwa Anda dapat menikmati ini dengan langkah Anda sendiri! Tidak perlu khawatir tentang mengikuti kelompok lain atau khawatir kehilangan arah.

Taman Pulau Penyu terdiri dari tiga pulau kecil, di mana Pulau Penyu Selingan adalah pulau utama bagi para wisatawan. Area konservasi di lepas pantai Sandakan ini didedikasikan untuk merawat kura-kura dan melepaskannya ke alam liar. Kunjungi selama bulan Maret-Juli jika Anda ingin melihat kura-kura bayi pergi ke laut untuk memulai kehidupan baru mereka atau selama Juli-Oktober untuk melihat kura-kura datang ke pantai untuk bertelur. Mereka yang menyukai tukik imut akan menyukai penetasan kura-kura saat Anda menyaksikan telur penyu menetas! Jika Anda merasa kunjungan singkat tidak cukup, ada juga akomodasi yang tersedia di sini sehingga Anda dapat tetap dekat dengan makhluk-makhluk manis ini. Seperti halnya pusat rehabilitasi lainnya, pengunjung akan dapat belajar dan memahami lebih banyak tentang kegiatan konservasi, menjadikan ini pengalaman belajar yang sehat.

Alamat:

Pulau Selingan, Sabah

Jam beroperasi:

Setiap hari, jam 8 pagi – 6 sore

Sebagai salah satu gua terbesar di Sabah, Gua Gomantong dikenal dengan populasi kelelawar yang sangat besar. Diyakini bahwa ada jutaan makhluk ini di sini, dan ruang utama gua penuh dengan burung walet di malam hari. Sarang yang ditinggalkan burung walet ini cukup istimewa – sarang inilah yang kami gunakan untuk membuat sup sarang burung! Pengunjung harus memperhatikan bahwa ada dua kamar utama di sini, satu di antaranya terbuka untuk umum, sementara yang lain sulit diakses. Di luar, ada ribuan hektar hutan hujan perawan dengan banyak satwa liar di sekitarnya.

Alamat:

Bukit Gomantong, Sandakan, Sabah

Jam beroperasi:

Sabtu-Kamis, 8 pagi – 1 siang dan 2 siang – 5 sore; Jumat, 8 pagi – 11:30 pagi dan 2 siang – 5 sore

_________________________________________________________________________

Merasa belum mengunjungi Sandakan? Periksa Traveloka untuk menginspirasi perjalanan Anda.

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here