Di artikel sebelumnya Joana telah menjelaskan mengenai Jeni – jenis chanel digital yang harus kalian ketahui, dan kini Joana akan rekomendasikan beberapa channel yang Joana pelajari selama bekerja secara profesional di Traveloka dan Gojek Indonesia sebagai Digital strategist di perusahaan unicorn digital Indonesia tersebut. Namun bagi kalian yang belum membaca

Social Media

Website & SEO atau Mengoptimasi Mesin Pencarian

Penggunaan SEO mampu membuat website Anda menduduki peringkat pertama di hasil pencarian Search Engine. Hal ini bisa menjadi peluang yang lebar bagi website Anda dikunjungi lebih sering oleh calon konsumen. Selain itu, strategi SEO juga terbukti mampu meningkatkan reputasi bisnis atau perusahaan Anda. Setiap bisnis biasanya memiliki sentimen positif dan negatif dari pasar. Anda bisa mengoptimisasi sentimen positif tersebut jika seseorang mencari informasi mengenai brand atau produk Anda di Google search engine. Channel yang satu ini bisa menjadi investasi jangka panjang untuk brand Anda dan juga untuk nama bisnis atau perusahaan Anda.

Social Media Ads

Penggunakan Paid Ads ini biasa dilakukan semua pemilik online shop, mulai dari Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Bukan hanya karena pengoperasiannya yang mudah tapi juga bisa membuat dekat pelanggan dengan pemilik bisnis atau perusahaan. Para digital marketer cukup menciptakan konten-konten media sosial yang menarik dan anti-mainstream lalu dibagikan dengan memanfaatkan platform PPC yang telah disebutkan diatas.

Email Marketing

Email marketing adalah bentuk aktivitas digital marketing dengan mengirimkan surat elektronik kepada para pelanggan. Hal ini merupakan cara yang mampu menekan biaya pemasaran dan lebih mudah menjangkau konsumen. Ada pun tahap awal yang perlu Anda lakukan ialah meminta izin kepada pelanggan untuk mengirimkan informasi tertentu melalui surat elektronik. Pesan yang Anda sampaikan harus singkat, padat, jelas, dan informatif. Beberapa email marketing dengan tools terbaik ialah Constant Contact, Mailchimp, dan Aweber.

Social Media Marketing

Sosial Media Marketing membuat hubungan antara Anda dan calon pembeli menjadi lebih dekat hal ini karena calon pembeli bisa berkomunikasi secara langsung dan mengutarakan apa yang mereka butuhkan atau cari melalui media sosial.

Video Content Marketing

Teknik digital marketing yang biasa disebut dengan Youtube Marketing ini adalah pemasaran secara digital dengan menggunakan video sebagai kontennya. Video dipilih karena :

  • Mampu menjangkau pasar-pasar yang potensial,
  • Menyalurkan kampaye brand dengan maksimal, dan
  • Melakukan promosi secara langkap. Jenis video konten diantaranya video event, video demo, video edukasi, video petunjuk, video branding, video testimony pelanggan, video studi kasus, dan lain sebagainya.

Bisnis yang Cocok Dioptimisasi dengan Digital Marketing

Pada dasarnya semua bisnis memerlukan pemasaran atau digital marketing. Hal ini agar terjadi “perputaran”. Nah, melalui digital marketing ini, bisnis atau perusahaan Anda bisa melakukan promosi dengan sangat efektif dan efisien. Lalu, apakah semua bisnis cocok dengan konsep pemasaran secara digital? Pada dasarnya, digital marketing cocok untuk diterapkan untuk semua jenis bisnis. Yang berbeda nantinya adalah, strategi penerapannya. Berikut ini, mari kita perhatikan beberapa bisnis yang cocok dengan konsep digital marketing.

  • Bisnis penginapan, seperti hotel, villa, guesthouse, dan sebagainya
  • Bisnis biro perjalanan, seperti tiket pesawat, tiket kereta, tiket bis, dan sebagainya
  • Bisnis rental kendaraan, seperti mobil, motor, dan sebagainya
  • Bisnis jasa penitipan anak
  • Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau yang lain
  • Bisnis produk kecantikan, seperti skincare, soflens, pomade, dan sebagainya
  • Bisnis makanan
  • Bisnis fashion, mulai dari fashion wanita, fashion hijab, fashion pria, baju anak-anak, dan lain sebagainya
  • Bisnis aksesoris (jam tangan, tas, ikat pinggang, dan sebagainya)
  • Bisnis barang elektronik atau hp
  • Bisnis layanan bimbingan belajar Keunggulan

Kini, iklan tradisional tidaklah terlalu mengambil peran penting dalam pemasaran. Penggunaan iklan tradisional dapat pula disebut pemasaran konvensional. Hal yang termasuk dalam pemasaran konvensional ialah TV, radio, majalah, koran, dan media yang lain. Dengan demikian banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran secara digital. Berikut keunggulan dari digital marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional:

  • Tidak memerlukan biaya yang sangat mahal
  • Fleksibel untuk melakukan paid advertising
  • Dapat diukur grafik pemasarannya dengan tepat, mulai dari besarnya persen konversi penjualan di setiap iklan
  • Bisa mengevaluasi iklan yang tepat dan tidak tepat

Jadi Itu Channel Digital yang bisa kalian semua gunakan untuk meningkatkan bisnis melalui Digital. Di Artikel selanjutnya Joana akan bagiakan Tips yang perlu kalian Gunakan Sebelum menggunakan Channel Digital yang sudah Joana Sebutkan diatas.

Salam dari Travellers dan Pendaki Cantik Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here