[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Maya Stolastika, pemilik twelve’s organics mendirikan sebuah komunitas yang fokus untuk menyediakan sayur dan buah organik. Ia memberdayakan masyarakat desa di lahan yang disewa di Pacet, Celaket, Mojokerto, Jawa Timur seluas satu hektar.

Sebelum ia membangun twelve’s organics, ia sempat bekerja di Bali setelah lulus kuliah pada 2010. Perempuan kelahiran Waiwerang ini bekerja di perusahaan kontraktor yang fokus pada green building.

Dalam waktu satu bulan masa percobaan, Maya diangkat menjadi pegawai tetap. Namun, akhirnya ia memutuskan kembali untuk menekuni pertanian organik

“Kembali dan membuktikan kepada orangtua. Itu pilihan. Bukan karena tidak punya kapasitas dan kemampuan,” ujar dia, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (28/6/2020).

Pada 2012, bagi Maya merupakan kebangkitan kedua. Pada tahun itu, ia membangun twelve’s organics. Sebelumnya ia vakum mengelola pertanian organik pada 2010-2011.

Pihaknya menyewa lahan seluas satu hektar di Pacet, Celaket, Mojokerto, Jawa Timur. Maya juga memberdayakan kelompok petani terutama kaum perempuan. Sekitar lima kelompok petani yang di berada di bawah komunitasnya.

“Kami menyewa lahan karena lahan sudah cukup mahal di daerah yang dekat dengan wisata. Ibu petani akan cari lahan,” tutur dia.

Maya pun membangun kelas-kelas khusus bagi kelompok petani tersebut. Kelas itu mulai dari penanaman organik, budidaya organik, manajemen produksi. Setiap satu kelompok petani yang terdiri dari 4-5 orang akan mengelola lahan 2.000-2.500 meter.

Adapun tanaman yang dikelola sekitar 20 jenis daun-daunan mulai dari sawi, salada, kangkung, bayam, daun mint, rosemary, dan lainnya. Sedangkan buah-buahannya mulai dari burberry, raspberry, dan strawberry, dan lainnya.

“Kesulitan dihadapi mengubah mind set seorang ibu. Impian ibu kepada anaknya untuk mengubah cita-cita mau jadi petani. Padahal dunia pertanian memberikan kebaikan dan masa depan,” ujar Maya.

[ad_2]

Berita hari ini akurat dan terpercaya temukan di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here