[ad_1]

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Presiden Rusia, Vladimir Putin yang mengancam warganya penjara 5 tahun jika keluar rumah.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci “putin stay home for 15 days or jail 5 years”.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul “Vladimir Putin did not say that all Russian people should stay at home or face five years in jail” yang dimuat situs fullfact.org pada 24 Maret 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Vladimir Putin tidak pernah mengatakan bahwa semua orang Rusia harus tinggal di rumah atau menghadapi lima tahun penjara bagi yang melanggar.

Pihak berwenang di Moskow mengatakan waktu penjara hingga 5 tahun adalah kemungkinan bagi mereka yang kembali dari negara-negara dengan risiko COVID-19 tinggi dan tidak mengisolasi diri.

Pihak Rusia juga mengatakan pada Februari 2020 lalu bahwa mereka mendeportasi warga negara asing yang terbukti melanggar aturan karantina.

 

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here