[ad_1]

Jakarta

Shin Tae-yong dinilai meremehkan pemain Timnas Indonesia dengan bilang bahwa fisik mereka payah. Bagaimana faktanya?

Penilaian negatif terhadap ke Shin itu dilontarkan oleh ketua Asosiasi Pelatih Seluruh Indonesia, Yeyen Tumena. Dia menilai bahwa pelatih 49 tahun itu terlalu banyak mengeluarkan pernyataan yang tidak pantas.

“Jujur saja, sebagai pelatih menurut saya Shin Tae-yong terlalu banyak mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, termasuk meremehkan pemain Indonesia,” tutur eks Pelatih caretaker Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 itu dalam rilis yang disebar ke pewarta.

“Seharusnya, pelatih harus memberikan motivasi dan perkataan yang positif kepada pemain dan timnya. Bukankah dia dibayar mahal untuk memperbaiki sepakbola Indonesia?” ucapnya mempertanyakan.

Bagaimana dengan fakta terkait dengan komentar Yeyen terhadap Shin itu?

Indonesia babak belur dihajar para pesaingnya di di kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Tim Merah-Putih sudah menjalani sebanyak 5 laga, hasilnya kalah semua.

Lebih buruknya lagi, Indonesia menjadi lumbung gol di Grup G. Sejauh ini, sudah ada 16 gol yang bersarang ke gawang Timnas atau rata-rata lebih dari 3 gol dalam satu pertandingan,

Kekalahan terbesar ditelan saat melawan Uni Emirat Arab. Dalam pertandingan di Al Maktoum Stadium pada 10 Oktober 2019, Indonesia kalah 5-0.

Dalam pertandingan lainnya, Indonesia juga tak bisa bersaing dengan sesama tim Asia Tenggara. Andritany Ardhiyasa cs kalah kandang-tandang dari Malaysia, juga dipermalukan di kandang oleh Thailand dan Vietnam.

Dalam lima pertandingan, Timnas juga tiga kali gagal mencetak gol. Sementara untuk catatan kebobolan, sebagian besar dicetak lawan di babak kedua.

Dari 16 gol ke gawang Indonesia, ada sebanyak 12 gol atau 75 persen tercipta di babak kedua. Pada dua pertandingan pertama, saat ditaklukkan oleh Malaysia dan Thailand di kandang terlihat betul stamina pemain Indonesia drop di babak kedua.

Indonesia unggul 2-1 di babak pertama saat takluk 2-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 5 September 2019. Gol Mohamadou Sumareh pada menit 90+7 yang mempermalukan Indonesia.

Sementara saat melawan Thailand, tiga gol War Elephants dicetak di paruh kedua pertandingan. Saat itu, Supachok Saracat (2 gol) dan Theeratorn Boonmatan menjadi penentu kemenangan tim asuhan Akira Nishino.

Dengan hasil buruk ini, Indonesia sudah dipastikan tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2022. Andai tak bisa lepas dari posisi juru kunci, Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 sejak babak playoff, bersaing dengan tim-tim paling bontot lainnya di kualifikasi Piala Dunia

Hasil Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia 2-3 Malaysia

Indonesia 0-3 Thailand

Uni Emirat Arab 5-0 Indonesia

Indonesia 1-3 Vietnam

Malaysia 2-0 Indonesia

Simak Video “PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)


[ad_2]
Berita Olahraga paling update di NewsFor.ID Berita Untuk Indonesia.

News For Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here