[ad_1]

Human Error

Human error ini sedikit berbeda dengan cedera pembedahan. Risiko operasi caesar ini bahkan bisa disebabkan oleh dokter yang sudah beberapa kali melakukannya. Namun, terjadinya human error sangat jarang terjadi. Jika cedera pembedahan menyebabkan luka sayatan organ lain, human error bisa berupa tertinggalnya kasa di rahim ibu. Benda asing ini tentu akan sangat menyakitkan bagi ibu usai melahirkan.

Infeksi

Infeksi merupakan risiko operasi caesar, terutama infeksi pada luka operasi. Infeksi akan semakin diperparah jika kebersihan di area luka atau perawatan luka operasi tidak dilakukan dengan benar. Luka sayatan yang terinfeksi akan terasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan mengeluarkan nanah. Infeksi juga bisa terjadi pada jaringan atau lapisan rahim (womb lining). Perut akan terasa nyeri, demam, keluar cairan keputihan tidak normal, dan perdarahan hebat.

Perdarahan

Perdarahan bisa terjadi setelah operasi caesar. Selain perdarahan, dampak risiko operasi caesar akan membuat ibu kekurangan darah. Hal ini bisa terjadi ketika ada infeksi pada lapisan rahim. Darah yang keluar akan lebih banyak dibanding setelah melakukan kelahiran normal. Pada kondisi seperti ini, ibu akan diminta melakukan transfusi darah untuk mengatasinya.

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here