[ad_1]

Membuang Sampah Sembarang

Jangan membuang sampah sembarangan ke sungai. Sebab, membuang sampah sembarangan termasuk macam-macam pencemaran lingkungan yang harus dihindari. Seperti sisa limbah rumah tangga biasanya dibuang begitu saja ke sungai.

Kebiasaan ini bisa menyebabkan air keruh dan kotor. Air sungai menjadi tidak layak konsumsi dan mengganggu makhluk hidup air yang lain. Parahnya lagi, membuang sampah di sembarangan juga dapat menyebabkan banjir. Mulai sekarang tanamkan kesadaran bahwa air adalah kebutuhan pokok untuk semua makhluk hidup.

Penggunaan Pupuk

Penggunaan pupuk yang berlebihan termasuk dari macam-macam pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan saat hujan, sisa pupuk yang tidak terserap akar tanaman akan terbawa aliran air hujan. Aliran air ini pada akhirnya akan menuju sungai atau danau terdekat dan menyebabkan air terkontaminasi pupuk. Selain itu, enceng gondok di area sungai akan semakin tumbuh subur dan dapat mengurangi kandungan oksigen sungai.

Limbah

Limbah merupakan bagian dari macam-macam pencemaran lingkungan. Terutama limbah pabrik yang tidak memiliki tempat pembuangan khusus. Limbah ini biasanya langsung dibuang menuju sungai di permukiman. Dampaknya akan membuat sungai menjadi tercemar dan kualitas air penduduk di permukiman buruk. Kesehatan penduduk akan ikut memburuk dan makhluk hidup sungai akan mati.

Racun dan Bahan Peledak

Racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan sangat berbahaya bagi lingkungan. Bahkan dapat membuat air terkontaminasi bahan kimia. Selain membuat kualitas air buruk, kegiatan ini juga dapat mengakibatkan ekosistem air sungai/laut rusak. Untuk mengatasi, buat sebuah larangan menggunakan racun dan bahan peledak ketika menangkap ikan. Bisa ditambahkan dengan adanya sanksi apabila sengaja ataupun tidak sengaja melakukannya.

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here